Minggu, 22 Agustus 2010

Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan Blending Effect di Adobe Photoshop


x
x
x
happy birthday text effect 2009 ilustrations Tutorial Membuat 
Judul Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan 
<em>Blending Effect</em> di <strong>Adobe 
Photoshop</strong>

ILUSTRASI

Banyak cara orang untuk mengungkapkan kebahagiaan terhadap orang yang sedang merayakan hari Ulang Tahunnya :) bisa jadi dengan cara memberikannya bingkisan kado special, rangkaian bunga hingga berbagai ucapan selamat yang beragam bentuk dan kreasinya. Mungkin bagi anda yang mempunyai “Tradisi” pertemanan atau kekeluargaan yang kental anda pasti sudah terbiasa memberikan ucapan selamat bukan? :D , yaa.. bisa jadi anda menggunakan media “modern” seperti memberikan SMS/MMS “Happy Birth Day to You”, Electronic’s Greeting Card, ataupun cara “konvensional” berupa kartu ucapan selamat ulang tahun yang dapat anda “dapatkan” dengan mudah di berbagai toko souvernir di sudut kota anda. Namun satu hal yang harus anda ingat, kadang kali apapun yang dibuat oleh kreasi sendiri akan terasa “berarti” baik itu bagi anda sang “Handycrafter” alias si pembuat mahakarya ;) maupun bagi sang penerima Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun itu sendiri. Memang seorang Graphic Designer dimanapun akan selalu menyesuaikan hasil karyanya dengan tujuan dari pembuatan design itu sendiri. Untuk konsep Ulang Tahun tentu saja kita harus memberikan kesan “Ceria”, “Bahagia” dan tentu saja “Colorfull” ;) . Jadi! satu tips dari saya anda harus memilih jenis huruf atau font yang sesuai, banyak sekali pilihannya dan salah satunya adalah: font debussy.ttf, font ini akan kita jadikan latihan untuk membuat judul kalimat atau kata-kata kartu ucapan selamat ulang tahun yang akan kita buat dibawah ini, mudah saja AYO!! ;)

SEKILAS TENTANG BLENDING OPTION

happy birthday text effect 2009 layer Tutorial Membuat Judul Kartu
 Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Salah satu kelebihan dari Adobe Photoshop (versi 7, CS, CS2, CS3 dan CS4) adalah terdapatnya menu Blending Option yang terdapat pada panel Layer yang secara default akan muncul disebelah kanan bawah pada jendela software Adobe Photoshop anda. Dengan failitas ini anda dimungkinkan untuk memanipulasi secara variatif suatu bentuk dasar (font, shape, selection, dll) menjadi bentuk yang luar biasa, misalkan memberikan kesan 3D, bayangan, cahaya, dll. Sekedari informasi, teknik ini adalah “menu wajib” para webdesigner didalam membuat text logo, web button (tombol menu website), layout, themes, dll. Jadi… jika anda tergolong “orang baru” alias “newbie” alias “beginer” anda WAJIB mengenal teknik ini. Untuk memunculkan menu ini mudah saja caranya, anda tinggal memilih salah satu object layer di panel layer dan lakukan langkah CLICK KANAN > BLENDING OPTION.

PERSIAPAN LATIHAN

1. Jalankan software Adobe Photoshop anda, setelah itu untuk mengawali tutorial kita kali ini anda langsung saja membuat area kerja baru dengan cara CLICK FILE > NEW atau Ctrl + N (keyboard). 2. Setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, anda buat ukuran lebar (width) 600 pixel dan tinggi (height) 400 pixel, setelah itu Click OK. happy birthday text effect 2009 papersize Tutorial Membuat Judul 
Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan 
<em>Blending Effect</em> di <strong>Adobe 
Photoshop</strong> 3. Agar memudahkan anda mengikuti latihan ini, pastikan anda memiliki satu layer background yang berwarna putih atau hitam, dan untuk melihat hasil dari effect inner dan outer glow saya anjurkan anda menggunakan background color berwarna hitam ;) . Jika anda belum memilikinya, mudah saja anda tinggal CLICK menu LAYER di menubar> NEW > CLICK LAYER, atau anda dapat mengclick icon NEW LAYER di sudut bawah panel layer. Terakhir warnai dengan warna hitam dengan tombol PAINT BUCKET TOOL di toolbox. 4. Selanjutnya anda gunakan TEXT TOOL pada menu toolbox untuk mengetikan kata-kata ucapan “Selamat Ulang Tahun” atau “Happy Birthday“, dan jangan lupa anda pilih font yang sesuai dengan konsep Ultah kita.
happy birthday text effect 2009 texttool Tutorial Membuat Judul 
Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan 
<em>Blending Effect</em> di <strong>Adobe 
Photoshop</strong> Jika anda belum memiliki font yang sesuai dengan keinginan anda, anda dapat men-download Free Font disini Download Free Font Design Debussy.ttf (927) .
happy-bithday-font1 Setelah itu atur juga seperti contoh diatas ini, jangan lupa beri warna Orange (Jingga) ;)
5. Jika anda telah mendaftar menjadi user designerlistic dan ingin mendownload source atau master design contoh latihan Photoshop pada tutorial ini, silahkan anda klik link berikut ini ” FREE DOWNLOAD MASTER DESIGN PHOTOSHOP JUDUL SELAMAT ULANG TAHUN FULLCOLOR (463) ” [MEMBER ONLY].

MEMULAI PENGATURAN BLENDING OPTIONS

happy bithday blendingoptions Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan 
Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong>Anda masih ingat dengan langkah-langkah menggunakan Effect Blending Options di Adobe Photoshop bukan? Ya! benar ;) caranya adalah dengan meng-click kanan layer yang berisikan text yang telah kita buat, kenmudian pilih menu Blending Option. Jika anda telah melakukan langkah tersebut dengan benar maka kita akan mendapati satu buah jendela baru dengan banyak pilihan dan pengaturan dari style yang berbeda, yaitu diantaranya: Drop Shadows, Inner Shadows, Inner Glow, Outer Glow, Bevel and Emboss, Color Overlay, Gradient Overlay, Satin dan Stroke.
Catatan: Untuk memulai pengaturan masing-masing effect tersebut, anda jangan lupa untuk memilih (meng-click) nama effect disebelah menu kiri terlebih dahulu, Contoh: misalnya anda ingin mengatur effect Stroke, maka klik terlebih dahulu nama effect tersebut untuk memunculkan opsi pengaturan disebelah kanannya.
OUTER GLOW
happy bithday outer glow Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan 
Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Pada menu ini anda dapat mengatur effect pancaran sinar bagian luar dari sisi-sisi huruf, sehingga akan menimbulkan kesan bercahaya. Effect ini berbeda sekali dengan Shadows atau bayangan karena warna yang dihasilkan tersebut berada di bagiab tepi-tepi sekeliling huruf, berbeda dengan effect shadows yang muncul dibagian belakang dari object huruf. Pilihlah warna pancaran yang sesuai dengan warna huruf dan warna background. Untuk tutorial kita kali ini kita gunakan warna putih sebagai pancaran sinar luarnya.
INNER GLOW
happy bithday inner glow Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan 
Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Hampir mirip dengan Outer Glow (pancaran luar), Inner Glow-pun menghasilkan effect warna yang sama, namun bedanya dia akan muncul kebagian dalam atas dari object tulisan ucapan Selamat Ulang tahun (Happy Birthday) yang kita buat. Pilihan warna “Merah” sangat tepat untuk memunculkan kesan menyembul atau timbul pada huruf, kenapa? anda ingat.. warna orange yang kita pilih untuk font tersebut bukan? benar! warna-warna senada adalah sangat bagus untuk disandingkan bersama. Warna merah untuk bagian pinggir dan warna orange untuk bagian tengah atau dalam, benar-benar padanan warna yang bagus untuk memunculkan kesan 3 Dimensi.
BEVEL AND EMBOSS
happy bithday bevel emboss Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan 
Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Selanjutnya disinilah peran “Tugas Penting” Adobe Photoshop dilakukan ;) , karena dengan keampuan Bevel and Emboss inilah sebuah object font akan berubah menjadi object yang terkesan menyembul keluar ataupun menjorok kedalam, benar-benar effect yang briliant! anda lihat hasilnya proses rendering effect ini akan mengikuti dan beradaptasi disetiap lekukan sudut-sudut dari bentuk tulisan kartu ucapan yang telah kita buat.
CONTOUR
happy bithday contour Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan Selamat 
Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Contour adalah salah satu bagian dari effect Bevel and Emboss, dengan effect element yang dimilikinya anda dapat berkresasi dengan bentuk 3D (Cembung & Cekung) apapun yang anda inginkan, anda dapat memilih bentuk-bentuk instant yang ada.. jika anda tidak puas anda dapat membuatnya sendiri sesuai bentuk yang anda harapkan. Untuk latihan kita kali ini kita akan membuatnya sendiri dengan menu editor. CONTOUR EDITOR happy bithday contour editor 235x150 Tutorial Membuat Judul Kartu 
Ucapan Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Untuk memunculkan menu ini caranya mudah saja, anda tinggal meng-click ganda gambar grafik CONTOUR ELEMENT standar, setelah itu tariklah garis menyilang yang ada sehingga membentuk lengkungan cembung seperti gambar diatas.
TEXTURE
happy bithday texture element Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan 
Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Dengan menu ini anda dapat memberikan bentuk texture atau pola lapisan dari font yang kita punya, anda pasti bisa membayangkan bukan bagaimana texture dari kulit kayu, texture dari karpet, texture dari baju sweater wol, dll. Itulah texture, nah! untuk pembuatan tulisan Kartu Ucapan Selamat Ulang Tahun ini kita akan menggunakan texture dari patern seperti gambar diatas.
GRADIENT OVERLAY
happy bithday gradient overlay Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan
 Selamat Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Denga effect ini anda dapat memberikan tampilan warna gradasi atau pencampuran warna, untuk memberikan kesan halus (seulas) anda jangan lupa mengatur Opacity atau ketipisan dari intensitas warnanya, berilah opacity = 37%.
STROKE
happy bithday stroke Tutorial Membuat Judul Kartu Ucapan Selamat 
Ulang Tahun (Happy Birth Day) dengan <em>Blending 
Effect</em> di <strong>Adobe Photoshop</strong> Stroke atau garis tepi/pinggir adalah fasilitas untuk memberikan efek ketebalan garis tepi dari huruf, disini anda bebas untuk menentukan warna apa yang akan digunakan untuk garis berikut ketebalannya.

KESIMPULAN

Bagaimana mudah bukan? memang belajar untuk menjadi seorang yang profesional cukup menguras keringat anda ;) , namun anda harus yakin pasti bisa! kenapa? karena praktek latihan diatas adalah cara-cara dasar seorang photoshop expert dalam membuat effect-effect ajaibnya. Jadi jika anda telah sukses membuat Judul Tulisan Selamat Ulang Tahun (Happy Birthday) seperti diatas, Hati-hati!! anda telah bersiap-siap menjadi master Photoshop berikutnya (hehe ;) ). Oke! untuk sentuhan terakhir.. anda tinggal mencari background yang sesuai untuk text logo tersebut dan cobalah berkreasi dengan warna font yang lebih berwarna-warni lagi ;) <p>happy-birthday-text-effect-2009-fullcollor</p> Happy Birthday untuk semua designerlistic yang sedang merayakan, semoga panjang umur dan dapat meraih setiap harapan yang diimpikannya…

Tidak ada komentar: